Menghitung Zakat Seorang Pegawai Negeri atau Karyawan Swasta.

Sebenarnya dalam khazanah Islam, zakat untuk seseorang yang mendapatkan pendapatan dari hasil profesi (guru, dokter, pns, pegawai swasta dan lainnya) sedikit diulas/dibahas dibanding dengan zakat dari hasil pertanian, peternakan atau emas. Ini disebabkan pada zaman terdahulu hasil profesi sedikit dikenal.

Meskipun demikian harta yang diperoleh dari hasil profesi bukannya bebas zakat, karena hakekatnya zakat adalah pungutan harta dari orang kaya yang akan diberikan kepada orang miskin.

Dengan demikian jika seseorang dari profesinya dapat menjadi kaya maka ia wajib menzakatkan hartanya, akan tetapi jika dari penghasilannya ia tidak mencukupi kebutuhan hidupnya maka ia termasuk penerima zakat (mustahik).

Gambarannya seperti ini :

Jika Bp Sarjono adalah seorang pegawai negeri dengan 1 istri dan 1 anak, ia memiliki gaji 3 juta perbulan. Setiap bulan pak Sarjono menghabiskan Rp. 2 Juta untuk kebutuhan pokoknya, sehingga ia bisa menabung sekitar 1 juta perbulan.

Maka dalam setahun Pak Sarjono menjadi lebih kaya sekitar 12 juta., sehingga Pak Sarjono wajib berzakat sekitar 2,5% X 12 juta.

Ini mungkin hitungan yang dibuat sederhana, saya pribadi tidak mengetahui dengan pasti batasan kebutuhan pokok itu. Tapi setidaknya penyederhanaan ini mudah-mudahan sangat berguna, yang paling penting kita sudah berniat untuk berzakat dari harta kita.

Keterangan lebih mendalam untuk menjabarkan kebutuhan pokok ini dapat terus kita cari dari bapak-bapak ustadz di lingkungan sekitar kita.

Sumber : dompetdhuafa

Image Source : Amaliah-astra

Menghitung Zakat Seorang Pegawai Negeri atau Karyawan Swasta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s