Lapisan Besar Planet Bumi

Penasaran dengan panet bumi yang kita diami saya coba untuk mencari-cari ilmu dari membaca-baca laman web dari USGS, bagan geologinya Amerika Serikat. fokus keingintahuan saya sebenarnya adalah tentang isi perut bumi ini, ini mungkin yang menambah rasa penasaran saya karena ada hubungannya dengan banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia yang menuntut isi bumi untuk bertanggung jawab seperti gempa dan letusan gunung berapi

Isi bumi bertanggung jawab? he…he…, maksudnya mereka berperan besar…

Dari USGS, Cerita dimulai dari ukuran bumi, bumi merupakan planet berbatu dengan diameter 12.750 kilometer, atau setara hampir 13 kali lempengan pulau Jawa jika dibenamkan ke dalam tanah, maka akan menyembul diseberang bumi yang lain.

Ilmuwan-ilmuwan sebelum abad-20 sudah dapat menentukan bahwa bumi terdiri atas 3 bagian besar, yaitu inti bumi, mantel dan kerak bumi.

Ketiga bagian besar bumi ini secara struktur dapat dibayangkan dengan membayangkan telur rebus berisi batu kecil di pusatnya , kita semua pasti mengenal dan pernah makan telur rebus, dari luar ke dalam dimulai dari cangkang telur sampai tengah-tengah kuning telur yang kadang belum matang, akan ditemukan struktur yang makin ke dalam makin lunak, namun di bagian inti bumi ini terdapat bagian yang lebih keras dibanding bagian lainnya, begitu juga planet kita ini. Sehingga si telur rebus harus dimasukan batu dulu di bagian kuning telurnya. J

Kerak bumi merupakan bagian terluar yang lebih kaku dan lebih tipis dibanding dua lapisan lainnya. Tetapi tidak semua bagian kerak bumi di semua tempat sama tebalnya, sangat bervariasi, dibawah lautan dalam kerak bumi bisa hanya mencapai 5 km sedangkan di gugusan di sebagian besar benua bisa mencapai 30 km, sedangkan di bawah gugusan pegunungan besar seperti Alpen dan Sierra Nevad dapat memiliki ketebalan sampai 100 km.

Dan kembali ke cangkang telur…. Kerak bumi adalah bagian lapisan bumi yang paling rapuh dan mudah patah, dan inilah yang banyak menyebabkan gempa (karena patahan-patahannya yang saling bergesekan) dan terjadinya gunung meletus, karena kerak bumi yang patah  menyisakan rongga yang menyebabkan magma –yang selalu mencari jalan keluar- lolos dari perut bumi.

Sekian dulu ceritanya, mudah mudahan bermanfaat…..

Referensi : www.usgs.gov

Lapisan Besar Planet Bumi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s